Sabtu, 14 November 2020

Cara Menulis Artikel Yang Menarik Untuk Pemula

-- --

 Untuk anda para pemula, cara menulis artikel yang menarik dan asik untuk dibaca bisa disamakan seperti berkomunikasi dengan teman. Bagaimana anda mengawali sebuah percakapan dan bagaimana anda menarik minat lawan bicara agar betah untuk terus anda ajak masuk dalam topik bahasan.

Setidaknya pastikan dua paragraf awal anda membuat orang tertarik dengan sudut pandang anda yang unik atau berbeda. Jika dua paragraf awal tersebut tidak enak untuk dibaca maka buat lagi sampai apa yang ingin disampaikan menjadi sesuatu yang tak hanya enak dibaca namun juga menarik.

Cara Menulis Artikel Yang Menarik Untuk Pemula

Dengan mengubah sedikit saja pemahaman konsep untuk membuat sebuah tulisan maka para pemula akan merasa tertarik karena tidak langsung dihadapkan oleh paten. Karena apa gunanya sebuah paten jika artikel yang dibuat tidak berhasil mencapai tujuan para pembaca misalnya untuk hiburan.

Buat Artikel Simpel Dan Fokus Pada Topik

Salah satu cara menulis artikel menarik dan meningkatkan minat baca adalah artikel yang simpel. Fokuskan pada poin-poin utama dari apa yang ingin anda bahas dan anda tonjolkan dari tulisan tersebut. Sebagai contoh artikel ini sendiri jangan sampai isi dari artikel ini melenceng jauh dari judul dan topik.

Jika anda bisa mempertahankan alur bahasan yang tetap koheren maka pembaca juga akan betah membaca tulisan anda. Bagi para pemula seringkali mereka terlalu asik dengan tulisannya hingga melenceng jauh dari sebuah topik, hindari semampunya dan jangan terlalu kaku agar menulis tetap menyenangkan.

Disini muncul masalah bagaimana menjadikan sebuah topik yang panjang menjadi artikel singkat. Jawabannya adalah dengan meringkas poin penting saja yang ingin anda tonjolkan pada tulisan tersebut. Anda bisa mencari rangkuman-rangkuman topik yang relevan sebagai referensi.

Cara menulis artikel yang mudah untuk mengawali hobi menulis anda adalah mengangkat topik sesuai dengan hobi. Sebagai contoh anda menyukai bahasan tentang musik maka buat tulisan yang berhubungan dengan musik. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengotak-atik tulisan agar menarik.

Jika anda menyukai topik bahasan tertentu maka akan sulit dari bawah sadar anda untuk menulis sesuatu yang melenceng dari topik bahasan anda. Sama seperti ketika anda bercanda dengan teman anda tentang topik favorit, pasti materi akan terus berputar pada topik tersebut.

Unsur 5W + 1H

Ada pakar jasa penulis artikel jogja yang mengatakan bahwa aturan ini bukanlah menjadi cara menulis artikel yang menarik dan kekinian. Namun jika ditelaah lagi tanpa adanya unsur ini  maka sebuah tulisan akan mengambang tanpa adanya tujuan yang jelas. Maka dari itu usahakan selalu menggunakan unsur 5W + 1H.

Membuat tulisan yang bagus harus mengandung apa persoalan yang akan diangkat dari tulisan tersebut. Lokasi persoalan dari sebuah tulisan kadang membuat pusing para pemula, padahal lokasi permasalahan bisa dimana saja, di internet, di masyarakat, atau di negara lain.

Artikel yang baik juga harus mengerti bisa mengungkapkan kapan sebuah topik tersebut terjadi atau relevan. Tak boleh lupa jika ada persoalan pasti ada penyebab dan pelaku yang bisa masuk dalam unsur siapa dalam sebuah tulisan. Barulah kemudian perlahan dibuka kenapa persoalan tersebut terjadi.

Yang terakhir adalah konklusi dari sebuah masalah jika memang masalah tersebut bisa terselesaikan. Akhirnya para pembaca bisa menikmati tulisan yang memiliki alur jelas dan memiliki inti. Tanpa unsur 5W + 1H bisa saja sebuah artikel dibuat namun terkadang ada saja aspek yang terasa kurang.

Hobi menulis tidak harus melulu memenuhi sebuah aturan baku, terutama untuk anda yang masih pemula. Bukankah berkomunikasi dengan bahasa gaul atau sehari-hari terasa lebih menyenangkan, samakan konsep ini dengan hobi menulis anda. Cari cara menulis artikel yang paling tepat untuk anda dan selamat mencoba.

-- --

Ditulis Oleh : artikel co id // 08.03
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar