Kamis, 12 November 2020

Cara Menulis Artikel Agar SEO Friendly Untuk Pemula

-- --

Bagi anda para blogger wajib mengetahui cara menulis artikel terutama yang SEO friendly jika ingin blog anda memiliki trafik dengan intensitas tinggi. Ada beberapa perkara teknis yang harus diperhatikan ketika membuat artikel agar konten buatan anda bisa diintegrasi dengan mudah oleh mesin pencari.

Cara Menulis Artikel Agar SEO Friendly Untuk Pemula

Jika anda tidak menggunakan cara menulis artikel yang optimal dalam kaidah SEO maka dua hal mungkin akan anda alami, pertama trafik blog anda nihil, kedua trafik blog anda hanya dari teman sekitar anda saja. Dua hal tersebut sering membuat blogger pemula patah semangat.

Lalu apa yang harus anda lakukan agar konten tulisan anda di blog mudah diintegrasi oleh mesin pencari. Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah memilih keyword secara teliti, perkara kedua adalah membuat artikel yang menyelesaikan masalah.

Memilih Keyword Yang Tepat

Mayoritas blogger amatir seperti jasakontakbbm.com atau penulis otodidak selalu melalaikan pemilihan keyword yang tepat. Padahal dengan menggunakan keyword yang tepat anda bisa memaksimalkan potensi pengunjung anda. Cara mencari keyword yang tepat juga sangat mudah dilakukan bahkan tanpa tools.

Anda bisa memanfaatkan fitur related search yang ada pada google untuk menentukan keyword artikel. Sebagai contoh anda ingin membahas sesuatu tentang artikel SEO maka ketikkan saja artikel SEO pada kolom pencarian. Setelah itu lihat pada bagian paling bawah maka akan terlihat hasil related search.

Related search inilah yang bisa dijadikan indikator seberapa kuat keyword pilihan anda. Jika related search tidak melenceng jauh dengan keyword input anda tadi maka secara garis besar anda bisa menggunakan keyword tersebut. Namun cara ini memiliki kelemahan yakni kurangnya data yang akurat.

Untuk memperoleh data yang akurat tentang keyword pilihan anda setidaknya anda harus menggunakan tools. Rekomendasi tools SEO yang cocok digunakan untuk pemula adalah ekstensi keyword surfer pada browser google chrome. Tools ini sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Setelah ekstensi keyword surfer terpasang maka data tentang volume, tingkat kemiripan, dan saran untuk keyword alternatif. Setidaknya tiga poin ini saja sudah sangat berguna untuk menentukan keyword yang anda gunakan. Pilih yang volumenya besar dan tingkat kemiripan kecil.

Terkait masalah teknis lain seperti jumlah kata, peletakan keyword, dan persentase penggunaan kata bisa anda kesampingkan dahulu. Mengapa, Karena cara menulis artikel seperti ini seringkali membuat artikel menjadi terlalu kaku dan para pemula menjadi malas menulis.

Membuat Artikel Yang Menyelesaikan Masalah

Ini adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan sebagai seorang penulis karena nantinya artikel anda akan dibaca oleh manusia. Buatlah artikel untuk menyelesaikan permasalahan dari pembaca anda. Sebagai contoh judul artikel ini sendiri yakni cara menulis artikel yang SEO friendly untuk pemula.

Maka di akhir artikel nanti harus ada permasalahan yang selesai, setidaknya pembaca bisa mengembangkan dirinya dengan membuat artikel dengan lebih SEO friendly dari sebelumnya. Seperti membuat artikel dengan penggunaan keyword yang tepat dan membuat artikel yang tepat guna.

Dengan adanya tujuan yang ingin diselesaikan artinya anda sebagai seorang penulis harus mempersiapkan materi dari sumber yang akurat. Mengarang bebas memang bagus untuk sebuah cerita namun penulisan artikel SEO yang tidak berguna dan bertujuan harus anda hindari.

Semakin cerdasnya algoritma dan bot yang dibuat oleh google membuat anda harus lebih teliti dalam membuat artikel. Jika anda membuat artikel asal-asalan atau sekedar menaruh keyword sebanyak mungkin pada artikel maka ucapkan selamat tinggal pada halaman pertama mesin pencari.

Lakukan pemilihan keyword dengan seksama dan jangan lupa membuat artikel yang berguna. Setidaknya dua hal itu saja sudah bisa membuat anda naik kelas dari penulis kacangan menjadi penulis yang mau belajar. Itulah tadi dua cara menulis artikel yang SEO friendly untuk pemula. 


-- --

Ditulis Oleh : artikel co id // 07.50
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar