Sabtu, 23 Januari 2021

Cara Riset Keyword Untuk Menghasilkan Artikel SEO Berkualitas

-- --

 Keyword merupakan unsur penting dalam artikel SEO. Anda perlu mempraktikkan cara riset keyword yang tepat untuk menciptakan artikel SEO yang berkualitas. Artikel SEO tersebut nantinya bisa muncul di halaman pertama google dan meningkatkan lalu lintas pengunjung di website Anda.

Cara Riset Keyword Untuk Menghasilkan Artikel SEO Berkualitas

Apa itu Keyword?

Keyword atau kata kunci merupakan istilah untuk kata yang diketikkan orang di mesin pencari (search engine) dengan tujuan untuk mendapatkan informasi. Mesin pencari diantaranya adalah google, bing, yahoo, dan lain sebagainya. Keyword dapat berbentuk short tail keyword atau long tail keyword.

Misalnya, Anda ingin mencari tahu mengenai berbagai tempat wisata yang ada di kota Yogyakarta, kemudian mengetikkan kata tempat wisata di Yogya. Maka, kata tempat wisata di Yogya itulah yang disebut dengan keyword atau kata kunci.

Poin Penting dalam Riset Keyword

Dengan mempraktikkan cara riset keyword yang tepat, akan membuat Anda mendapatkan informasi mengenai kata apa saja yang sering digunakan oleh orang-orang di mesin pencari. Untuk mendapatkan keyword yang diinginkan, terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan. Poin-poin tersebut diantaranya adalah 

Volume Pencarian

Volume pencarian ialah jumlah pencarian keyword di mesin pencari pada suatu periode tertentu. Beberapa tool umunya menampilkan volume pencarian yang pada setiap bulan. Alangkah lebih baik jika Anda mencari keyword dengan pencarian lebih dari 500 per bulan.

Semakin tinggi volume pencarian menandakan semakin bagus kualitas keyword karena keyword tersebut banyak dicari orang. Sisi negatifnya adalah, semakin tinggi volume pencarian berbanding lurus dengan tingkat persaingan. Semakin tinggi volume pencarian maka semakin sulit untuk menempati halaman pertama mesin pencari.

Tingkat Kesulitan

Tingkat kesulitan keyword merupakan tingkat persaingan kata kunci di dalam mesin pencari. Beberapa tool riset keyword memberi skala 1-100. Semakin tinggi skalanya, maka semakin sulit keyword tersebut bersaing mendapat tempat di halaman pertama mesin pencari.

Meski Anda harus mencari keyword yang memiliki volume tinggi, keyword tersebut haruslah memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Karena keyword yang memiliki tingkat kesulitan tinggi jarang digunakan untuk mencari informasi di mesin pencari. Sementara keyword dengan kesulitan rendah banyak dipakai.

Saran Keyword

Saran keyword adalah saran kata kunci yang memiliki relevansi dengan kata kunci yang digunakan. Biasanya, saran keyword yang muncul berupa long tail keyword dengan 3 kata atau lebih. Saran keyword dapat digunakan untuk memperluas pembahasan artikel yang sedang Anda kerjakan. 

Misalnya saja Anda sedang melakukan riset keyword skincare kulit berjerawat maka saran keyword yang mungkin muncul adalah skincare murah kulit berjerawat. Saran keyword ini menandakan keyword yang turut dicari orang dalam mesin pencari selain keyword yang Anda pilih.

SERP

SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page. SERP adalah laman-laman yang menempati halaman pertama mesin pencari berdasarkan keyword yang Anda riset. Selain melalui tool, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung melalui mesin pencari seperti google.

Tools Riset Keyword

Setelah Anda memahami poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam riset keyword, sekarang Anda bisa mempraktikkan cara riset keyword melalui tool. Tool riset keyword di bawah ini memiliki versi berbayar dan versi gratis. Beikut ini daftar tool riset keyword yang bisa Anda coba 

1. Ubersuggest

Ubersuggest memiliki versi berbayar dan versi gratis. Tool riset keyword milik Neil Patel ini memilki fitur lengkap. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan keyword ke dalamnya kemudian akan muncul volume pencarian, tingkat kesulitan, saran keyword bahkan SERP.

2. Google Related Search

Google Related Search dapat Anda lihat saat memasukkan sebuah keyword di kotak pencarian google. Secara langsung, google akan memberikan saran beberapa long tail keyword. Fitur ini hanya bisa menampilkan saran keyword saja. Tidak ada volume pencarian atau tingkat kesulitan keyword. 

3. Ahrefs

Ahrefs adalah tool riset keyword yang berbayar. Tool ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari volume pencarian, saran keyword, tingkat kesulitan, hingga SERP. Bahkan, Anda bisa melakukan Site explorer, Site audit, Rank tracker hingga Content explorer.

Ulasan mengenai cara riset keyword di atas merupakan hal penting bagi Anda yang hendak menulis artikel SEO. Artikel SEO berkualitas tidak bisa dihasilkan tanpa riset keyword yang benar. Bahkan artikel mungkin tidak akan terindeks oleh mesin pencari. Selamat mencoba mempraktikkan  cara riset keyword di atas.

-- --

Ditulis Oleh : artikel co id // 07.57
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar